10 Fakta Unik Tentang Batu Akik

0
271
10 fakta unik tentang batu akik
10 fakta unik tentang batu akik

Demam batu akik pernah melanda negara kita Indonesia. Bahkan hingga sampai sekarang, masih banyak orang yang menyukai batu akik dan memakainya sebagai perhiasan berupa cincin maupun kalung. Tidak dipungkiri lagi, bahwa batu akik memberikan keindahan dan kemewahan bagi si penggunanya atau si pemakainya. Namun, dibalik keindahan batu akik ada beberapa keunikan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Sebelum saat sekarang ini, trend batu akik ini sudah ada dari sejak zaman sebelum masehi. Tidak percaya ? Simak langsung 10 rangkuman keunikan dan histori batu akik yang berhasil Admin kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Pertama Kali Ditemukan di Daerah Sisilia.
Pertama kali batu akik disebut Agate, Nama ini diambil dari nama salah satu sungai yang paling terkenal pada masa itu di zaman kuno yang bernama sungai Achates. Letak sungai ini berlokasi di Sisilia, Namun sekarang, sungai bersejarah ini sudah dirubah namanya menjadi Sungai Dirillo.

2. Telah Populer Sejak 20.000 Tahun Sebelum Masehi.
Kaum pria Eropa Utara di zaman batu telah memakai jenis batu ini sebagai perhiasan pada tahun 20 ribu tahun sebelum masehi, Barulah pada tahun 400 sebelum masehi orang Yunani mulai menggunakannya sebagai perhiasan dan manik-manik.

3. Dipercaya Menyimpan Kekuatan Magis.
Di masa zaman kuno, Batu akik dianggap sebagai benda paling berharga yang pertama kali dikenal oleh manusia sebelum ditemukannya emas dan berlian, Pada masa itu siapapun yang memakai batu perhiasan ini dipercaya mampu membuat pemakainya memiliki sifat lebih ramah, jujur dan berpengetahuan luas dan memiliki aura kekuatan magis.

4. Dianggap Benda Bertuah Sebagai Penolak Bala.
Dalam kebudayaan Persia, Batu akik ini dianggap sebagai benda yang memiliki kekuatan ghaib untuk mencegah badai, Banyak kaum Persia percaya pada masa itu bahwasanya batu akik memiliki kekuatan dahsyat yang berguna sebagai pelindung dari berbagai macam ancaman bencana besar.

Baca Juga :  Khasiat Batu Akik Blue Safir untuk si Pemakainya

5. Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit.
Ternyata sudah sejak dari zaman dahulu ada beberapa jenis batu akik yang dipercaya dapat memberikan aura positip bagi pemakainya sehingga dapat membantu masa penyembuhan penyakit yang diderita si pemakainya, seperti contohnya Insomnia, alergi, penyakit kulit, dan stres.

6. Bahan Mangkuk.
Meskipun telah dianggap sebagai batu berharga pada zaman kuno, Namun tidak sedikit juga yang menggunakan bahan batu akik ini sebagai bahan pembuatan mangkuk, Mangkuk yang terbuat dari bongkahan batu akik sangat populer pada zaman Mitharades yaitu Raja Pontus yang mempunyai lebih dari 3.000 jenis mangkuk yang berasal dari bongkahan batu akik.

7. Perhiasan Bangsa Sumeria.
Bagi kaum Sumeria pada 5 ribu tahun yang lalu, mereka terkenal memiliki nilai tersendiri untuk penggunaan batu akik ini, Bangsa Sumeria pada zaman dahulu menggunakan batu akik ini sebagai cap/segel, manik-manik serta beberapa bentuk perhiasan lainnya.

8. Bangsa Arab Memakai Batu Akik Agar terhindar dari Musibah.
Orang Arab dan Persia pada zaman dahulu memakai cincin bermata batu akik ini pada jari manis mereka, Uniknya pada bagian akik tersebut diukir ayat-ayat tertentu yang dipercaya akan menjauhkan mereka dari marabahaya dan musibah.

9. Hadiah Pernikahan.
Bagi beberapa tipe pasangan yang sependapat dengan keyakinan ini, Biasanya mereka akan memberikan pasangannya hadiah berupa cicin bermata batu akik tepat pada hari jadi pernikahan mereka yang ke-12 maupun ke-14.

10. Mendatangkan Hoki.
Jika dilihat dari banyaknya ragam warna serta pola unik pada batu akik, Tampaknya memiliki hubungan dengan beberapa watak dan karakter manusia, Bahkan ada sebuah mitos yang mengatakan bahwasanya pada jenis batu akik tertentu mampu mendatangkan keberuntungan.

Baca Juga :  WOW, Ini Batu Akik yang Dipakai Firaun! Koleksi Langka

Nah, itulah 10 keunikan dari batu akik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Semoga informasi tentang batu akik ini memberikan informasi yang menari dan bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : Faktakah.com & UC News

(Visited 71 times, 1 visits today)
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here