Perbedaan Batu Mulia & Kristal

0
196
Perbedaan Batu Mulia & Kristal
Perbedaan Batu Mulia & Kristal

Batu mulia atau yang lebih dikenal dnegan batu permata dan kristal merupakan dua hal yang berbeda. Namun, keduanya terkadang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama di dunia saat ini. batu permata sendiri banyak digunakan sebagai perhiasan serta dekorasi, sedangkan kristal dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Misalnya saja penyembuhan, perhiasan, hingga vas. Nah, berikut beberapa perbedaan yang jelas diantara keduanya.

Definisi

Batu permata merupakan bagian dari mineral yang dipotong serta dipoles dan digunakan untuk berbagai perhiasan, seperti kalung, gelang, cincin , liontin ataupun anting. Sedangkan kristal adalah berbahan dasar atom padat, molekul, ataupun ion yang disusun di dalam sebuah pola dengan memperluas menjadi tiga dimensi.

Komposisi

Batu permata merupakan mineral yang angka yang terdapat di bumi dengan komposisi mineral yang berbeda-beda tergantung masing-masing batu permata. Beberapa batu permata misalnya berlian atau rubi hadir dengan bahan mineral yang berbeda. Kristal sendiri merupakan kepadata yang memiliki atom, ion, serta molekul.

Karakteristik

Batu permata memiliki karakteristik bias, dispersion, berat jenis, kekerasan, fraktur serta kilau. Sedangkan kristal memiliki karakteristik bentuk, komposisi atom, obligasi dan cacat.

Klasifikasi

Batu permata termasuk dalam klasifikasi yang memiliki komposisi kimia dan struktur bentuk batu tersebut. Sedangkan kristal sendiri termasuk dalam klasifikasi heksagonal, kubik, ortorombik, tetragonal, rombohedral, dan monoklinik.

Warna

Batu permata memiliki banayak sekali warna-warna cantik, beberapa diantaranya adalah merah, biru, hijau, kuning, dan sebagainya. Sedangkan kristal hanya memiliki refleksi cahaya yang dipantulkan dari kristal tersebut.

Harga

Batu permata memiliki harga yang tergolong mahal yang dikarenakan pembentukan batu permata tersebut hingga kelangkaan batu. Sebaliknya, kristal hadir dengan harga yang tergolong terjangkau bahkan murah.

Baca Juga :  Ini Dia 13 Jenis Batu Mulia Dari Aceh Yang Memikat Turis
Penggunaan

Hampir semua batu permata digunakan untuk berbagai jenis perhiasan. Sedangkan kristal biasanya digunakan untuk pengobatan, perhiasan, piring, pajangan hingga vas.

(Visited 28 times, 1 visits today)
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here