Saat Meletus Gunung Ini Muntahkan Batu Permata

0
290
Saat Meletus Gunung Ini Muntahkan Batu Permata
Saat Meletus Gunung Ini Muntahkan Batu Permata

Dalam setiap bencana pasti memiliki hikmah di baliknya. Seperti yang terjadi dalam letusan gunung berapi Kilauea di Hawaii baru-baru ini. Dikutip dari metro.co.uk, letusan gunung tersebut membuat batu permata yang sangat cantik juga keluar bersama letusan tersebut.

Batu Olivine tersebar di wilayah gunung Kilauea seakan jatuh dari langit.
Batu Olivine tersebar di wilayah gunung Kilauea seakan jatuh dari langit.

Penduduk lokal juga menunjukkan di media sosial setelah menemukan permata yang diketahui bernama olivines di antara lava dan abu yang ada di tanah. Ahli meteorologio Erin Jordan mengatakan: “Temanku ada yang tinggal di Hawaii, tepat berada di daerah aliran lava baru-baru ini.

“Di tengah kerusakan yang terjadi dan stres akan hal yang tak diketahui, mereka bangun dengan menemukan ini, pecahan kecil olivine di seluruh tanah di dekat situ. “Secara harfiah ini seperti hujan batu permata. Alam memang sangat luar biasa.”

Ada seorang netter yang menulis di Twitter: “Gunung berapi Hawaii memuntahkan area sekitarnya dengan batu permata.” Cheryl Gansecki seorang geologis dari Universitas Hawaii-Hilo yang mempelajari komposisi lava gunung Kilauea mengatakan pada Mashable bahwa ada dua alasan mengapa batu permata tersebut bisa mudah ditemukan saat erupsi terjadi.

Batu permata dari letusan gunung merapi
Batu permata dari letusan gunung merapi

Ia mengatakan lava yang dimuntahkan saat ini sangat kaya akan kristal itu dan sangat mungkin penduduk sekitar menemukan olivine tersebut. “Olivine juga bisa terbawa di dalam lava yang cepat mengeras dan mungkin menghujani area setempat atau terbawa lava yang lunak.”

Erupsi gunung berapi ini dimulai Mei awal dan sudah merusak ribuan rumah warga setempat di Big Island, Hawaii, dan belum ada tanda akan surutnya aktivitas gunung tersebut. Olivine sendiri adalah mineral berwarna hijau dengan komposisi magnesium yang tinggi dan biasa dibuat sebagai peridot.

Peridot sendiri biasa digunakan sebagai mata dari perhiasan dan dalam beberapa kasus harganya bisa mencapai Rp 6,25 juta per karatnya. Tetapi, Polar Nerd mengungkap di Twitter bahwa batu permata tersebut sebenarnya tak terlalu berharga, tetapi mereka tetap akan mengambilnya dan mungkin akan dijual di internet.

Baca Juga :  Presiden-presiden Indonesia dan Cincin Batunya

Sumber : http://www.tribunnews.com/internasional/2018/06/18/saat-meletus-gunung-ini-justru-muntahkan-batu-permata

(Visited 69 times, 1 visits today)
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here